Friday, 16 March 2012

Kerusakan Komputer Tidak Jelas, Muncul Pesan Ntdll.dll Error


NTDLL ERRORMunculnya pesan Ntdll.dll Error karena ada gangguan pada file DLL. Sebuah file DLL, kependekan dari Dynamic Link Library, merupakan jenis file yang berisi instruksi yang dapat memanggil program lain yang diminta untuk melakukan hal-hal tertentu. Dengan cara ini, beberapa program dapat berbagi kemampuan yang diprogram ke dalam satu file. Sebagai contoh saja, beberapa program yang berbeda mungkin memanggil semua file veryuseful.dll untuk menemukan ruang bebas pada hard drive, mencari file dalam direktori tertentu, dan mencetak ke default printer.

Ada banyak cara yang ntdll.dll memberi pesan kesalahan yang ditampilkan pada komputer Anda. Kesalahan Ntdll.dll dapat disebabkan oleh beberapa hal yang berbeda yang menghasilkan banyak pesan kesalahan yang berbeda, namun beberapa yang paling umum adalah tercantum di bawah ini:
  1. STOP: 0xC0000221 unknown hard error C:WinntSystem32Ntdll.dll
  2. STOP: C0000221 unknown hard error SystemRootSystem32ntdll.dll
  3. AppName: [NAMA PROGRAM] ModName: ntdll.dll
  4. [NAMA PROGRAM] caused a fault in module NTDLL.DLL at [ALAMAT KESALAHAN]
  5. Crash caused in ntdll.dll!
  6. NTDLL.DLL Error!
  7. Unhandled exception at [ALAMAT KESALAHAN] (NTDLL.DLL)
Pesan error Ntdll.dll biasanya muncul sebelum atau setelah sebuah program digunakan, sedangkan sebuah program sedang berjalan, ketika Windows sedang startup atau shutdown, atau bahkan selama instalasi Windows.
Penyebab Kesalahan Ntdll.dll
  1. Penyebab pesan error ntdll.dll dapat sangat bervariasi. Namun, kesalahan yang paling ntdll.dll hasil dari sebuah versi yang korup atau rusak ntdll.dll file itu sendiri.
  2. Driver perangkat keras rusak
  3. Konfik antara Windows dan program lainnya.
  4. Ntdll.dll kesalahan kadang-kadang bisa berarti bahwa hardware di komputer Anda rusak, tetapi hal ini jarang terjadi.
Solusinya;
  1. Restart komputer Anda. Kesalahan ntdll.dll yang Anda terima bisa bersifat masalah sementara dan reboot komputer dapat mengatasi masalah ini.
  2. Jika pesan kesalahan ntdll.dll hanya muncul saat Anda menggunakan program tertentu misalnya MS Word, instal ulang program tersebut.
  3. Jika program perangkat lunak telah menyediakan update atau service pack yang baru, silakan diupdate. Programmer perangkat lunak mungkin telah mengidentifikasi masalah dengan program yang menyebabkan error ntdll.dll dan kemudian mengeluarkan patch terbaru untuk itu.
  4. Periksa service pack layanan Windows yang Anda gunaka dan kemudian kunjungi situs dukungan Microsoft untuk melihat apakah ada paket layanan yang lebih baru yang tersedia untuk instalasi. Beberapa masalah yang menyebabkan kesalahan ntdll.dll telah diperbaiki dalam paket layanan dari Microsoft.
  5. Seleksi dan nonaktifkan pengaya Internet Explorer. Jika kesalahan ntdll.dll Anda ketika Anda mulai menampilkan, menjalankan, atau menutup Internet Explorer, add-on yang mungkin menyebabkan masalah ini. Menonaktifkan tiap-add-on, satu per satu, akan menentukan pengaya yang jadi penyebabnya. Solusi lain adalah jangan gunakan IE, tetapi install saja Firefox yang memang lebih baik.
  6. Nonaktifkan pencegahan eksekusi data pada Explorer.exe. Seperti dalam langkah sebelumnya, ini untuk mengatasi masalah masalah ntdll.dll saja. Kalau ini tidak menyelesaikan masalah, harap anda mengembalikan pengaturan Data Execution Prevention ke pengaturan sebelumnya.
  7. Update driver untuk stiap hardware di komputer Anda di mana tersedia update driver. Driver usang kadang menyebabkan kesalahan ntdll.dll.
  8. Uji memori utama Anda untuk kerusakan. Jika Anda menerima pesan ntdll.dll, salah satu yang bisa menjadi penyebab adalah modul memori utama yang buruk di sistem anda. Pengujian memori Anda dengan baik akan mengidentifikasi masalah apakah RAM Anda terganggu oleh kerusakan kecil atau tidak. Untuk keperluan uji memory, dibutuhkan suatu software yang akan saya bahas pada artikel mendatang. Ganti memori Anda jika hasil tes Modul memory menunjukkan kerusakan.
  9. Kesalahan Ntdll.dll bisa juga terjadi jika Anda memiliki drive Iomega Zip pada kabel yang sama (IDE ) dengan hard drive di dalam komputer Anda. Jika demikian, pindahkan Zip drive untuk kontroler IDE sehingga kabel tersebut hanya digunakan untuk hard disk drive.
  10. Ganti kabel IDE yang menghubungkan harddisk ke motherboard. Jika kabel ini rusak atau tidak tepat pemasangannya, dapat juga menimbulkan pesan kesalahan ntdll.dll seperti yang Anda lihat.
  11. Lakukan perbaikan (Repair) instalasi Windows Anda. Jika reinstallations perangkat lunak tertentu gagal untuk menyelesaikan masalah, instalasi perbaikan Windows bisa menggantikan file ntdll.dll.
  12. Jika sampai pada langkah 11 diatas masalah belum terpecahkan, maka sampailah kita pada pilihan paling sulit sebagai pamungkas yaitu lakukan install total Windows. Sebuah instalasi total benar-benar akan menghapus Windows dari PC Anda dan menginstal lagi dari awal. Saya tidak menyarankan pilihan ini kecuali Anda telah kehabisan semua gagasan pemecahan masalah sebelumnya dan Anda merasa bahwa kesalahan ntdll.dll tidak disebabkan oleh satu program (Langkah # 2).
  13. Meskipun sangat jarang terjadi, jika segala sesuatu yang lain telah gagal, termasuk instalasi bersih dari langkah terakhir, Anda bisa berurusan dengan masalah hardware dengan hard disk drive Anda. Jika demikian, ganti hard drive dan kemudian anda harus melakukan instalasi baru Windows.
Catatan: Jika sebuah program aplikasi atau plugin sudah anda yakini menyebabkan kesalahan ntdll.dll, maka menginstal ulang Windows dan kemudian menginstal ulang perangkat lunak yang sama (penyebab masalah tadi) dapat membawa Anda kembali ke ntdll.dll kesalahan yang sama.
Pesan error Ntdll.dll dapat berlaku untuk hampir semua program perangkat lunak berbasis Windows, driver, atau plugin pada setiap sistem operasi Microsoft mulai dari Windows NT ke Windows XP, Windows Vista, dan Windows 7.

0 komentar:

Post a Comment